RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 1
Tema / topik : 1.2. Kegemaranku
Sub Tema : 1.2.2. Gemar Bernyanyi dan Menari
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (Satu)
Alokasi waktu :
4
x 35 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota
tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota
keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
MATEMATIKA
4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada
grafik konkret dan piktograf.
PKKn
4.4
Mengamati dan menceriterakan
keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.
SPDB
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu.
C.
INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.
Membaca teks lagu yang dipelajari
dengan lancar
2.
Menyajikan informasi dalam bentuk tabel.
3.
Menceritakan hasil pengamatan dengan lancar.
4.
Menuliskan kembali teks lagu yang dipelajari
dengan benar.
MATEMATIKA
1.
Menuliskan hasil wawancara dalam
bentuk diagram/grafik gambar.
PKKN
1.
Menjelaskan perbedaan antara dua karakteristik
individu secara lisan.
SBDB
1.
Menyanyikan
lagu Cing Gemerincing dengan lancar dan percaya diri sesuai irama.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan praktik siswa mampu
menyanyikan lagu “hujan rintik-rintik’ dengan lancar dan
percaya diri.
2.
Dengan melakukan wawancara kepada
teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data hasil wawancara dengan benar.
3.
Dengan melakukan pengamatan, siswa
mampu mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara sedang,
dan suara lembut dengan tepat.
4.
Setelah mengidentifikasi, siswa mampu
membedakan mana suara keras, suara sedang, dan suara lembut.
E.
MATERI
BAHASA
INDONESIA :
L melengkapi nyair lagu ” hujan Rintik-rintik” Cip AT Mahmud yang belum lengkap dengan kata
yang tepat.
MATEMATIKA
Bentuk
diagram/grafik gambar
PKKN
Menghargai Karakteristik individu yang
saling berbeda.
SBDB
L
bertepuk tangan sesuai irama lagu agu kesukaan anak-anak- misalnya Lagu ” Hujan
Rintik-rintik” Cip AT Mahmud, sambil
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Survai
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Demonstrasi
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak
semua siswa untuk berdoa
mengawali kegiatan pembelajaraan.
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa
3.
Mengajak
berdinamika dengan bernyanyi bersama
naik delman Cip. AT .Mahmud.
4.
Meminta
informasi dari beberapa siswa tentang manfaat menyanyi .
5.
Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang lagu- lagu yang menjadi kesukaan anak..
6.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu
tentang
“Gemar Bernyanyi dan menari”
7.
Menginformasikan Tujuan Pembelajaran:
menyanyikan lagu hujan rintik-rintik
myusun grafik gambar
melengkapi nyair lagu hujan
rintik-rintik
|
7 menit
|
Inti
|
1.
Siswa
memberikan tanggapan terhadap tayangan gambar / vidio suasana hujan.
2.
SIswa Menjawab pertanyaan guru tentang
hujan dan sispa di antara mereka yang suka
bernyanyi
3.
Guru menyampaikan bahwa setiap orang
memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga
yang pandai dalam hal yang lain.
4.
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.
5.
Siswa menyanyikan
lagu “
hujan rintik-rintik” bersama-sama dengan
bimbingan guru.
6.
Kemudian, siswa diminta menyanyikannya
bergantian
secara berpasangan di depan
kelas.
7.
Setelah
siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang
lagu kesukaan teman-temannya.
8.
Siswa
mendengarkan penjelasan tentang bagaimana mela kukan survey, dengan bertanya lagu kesukaan
teman sekelompoknya.
9.
Selanjutnya
siswa melakukan survei untuk lagu-lagu
yang lain
dengan menempel gambar orang senyum tanda senang/suka.
10.
Jika telah
selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(pada lembar kerja “ Grafi k gambar” siswa masing-masing) siswa yang memilih suatu
lagu kesukaan.
11.
Guru
berkeliling untuk mengamati interaksi siswa dalam mengerjakan
tugas survai pada lembar kerja siswa
12.
Setelah
semua siswa selesai, siswa diminta mengamati
hasil pekerjaannya.
13.
Guru
bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling
sedikit disukai siswa?” dengan menghitung jumlah gambar
senyum, “Buat urutan dari lagu yang
paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikit disukai siswa!”
14.
Guru
menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut
dengan piktograf atau grafik gambar.
Ket: grafik lagu yang paling banyak disukai lebih tnggi.
Berurutan agak disukai sampai paling sedikit disukai grafiknya lebih rendah.
15.
Memajangkan grafik gambar.
16.
Kesukaan individu berbeda sesuai
karakteristik masing-masing.
Setiap orang memiliki
kegemaran masing-masing.
Kita harus menghargai perbedaan tersebut.
17.
Selanjutnya
siswa diminta untuk melengkapi tulisan / syair lagu yang belum lengkap dengan
kartu kata yang sesuai /tepat dengan Siswa diminta menempelkan kartu kata pada pada tabel nyair lagu hujan rintik-rintik yang dipajang
dipapan flanel.
18.
Siswa
diminta menceritakan/mempresentasikan hasilnya kepada teman dan guru.
|
21 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Menanyikan lagu
Setiap orang memiliki
kegemaran masing-masing.
Kita harus menghargai
perbedaan tersebut.
|
7 menit
|
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
|
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Teks dan not lagu hujan rintik-rintik.
·
Karton
·
Tabel Grafik gambar
·
Kartu kata
·
Buku Tematik Kelas
I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Teks lagu yang ditulis pada kertas
karton atau pada papan tulis, alat musik tradisional setempat.
·
Video/papan flanel.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP
............................................. NIP ........................................
LEMBAR
KERJA SISWA I
Tabel Hasil Survei Kesukaan
Isilah tabel “Grafik Gambar” di bawah ini
dengan “gambar senyum” yang menunjukan rasaa senang di bawah ini!
Jumlah Siswa/
|
1.
2.
3.
4.
5.
Dst....
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Nama Lagu
|
Naik Delman
|
Huan Rintik -rintik
|
Motor Kuna
|
Mentok -menthok
|
Kesimpulan :
1.
Berurutan
tinggi rendah grafik sesuai banyaknya orang yang suka. Semakin banyak yang suka
grafi semakin tinngi, smakin sedikit yang suka semaakin randah.
2.
Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing.
Kita
harus sikap menghargai perbedaan tersebut
Lembar
Kerja II
Ayo belajar menulis kalimat
Lengkapi syair lagu hujan rintik-rintik yang
tertulis belum lengkap di bawah ini!
no
|
Kata
|
1.
|
hujan rintik-rintik,
... rintik-rintik
|
2.
|
di halaman
di ... hujan rintik –rintik
|
3.
|
seperti ...
|
4.
|
yang tumbuh ...
|
5.
|
disirami .... rintik-rintik
|
Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Menyanyikan Lagu dan Membuat
Tabel Piktograf.
NO
|
Kriteria
|
Terlihat (v)
|
Tidak Terlihat (v)
|
1.
|
Siswa mampu menyanyikan lagu “hujan rintik-rintik”
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menampilkan informasi dalam tabel /grafik gambar/
piktograf.
|
|
|
3.
|
Siswa mampu melengkapi tulisan.
|
|
|
0 komentar:
Ungkapkan Saran Anda
Tell us what you're thinking... !