Headlines News :
Home » » Contoh rpp Kurikulum 2013 kelas 1 SD

Contoh rpp Kurikulum 2013 kelas 1 SD

Ditulis Oleh Unknown Pada Hari Rabu, 08 Januari 2014 | 05.27




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  1 / 1
Tema / topik                      :  1.2. Kegemaranku
Sub Tema                            :  1.2.2. Gemar Bernyanyi dan Menari
Petemuan ke                     :  1
Semester                            :  1   (Satu)
Alokasi waktu                   :  4 x 35 Menit


A.      KOMPETENSI INTI
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
3.1   Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5  Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

MATEMATIKA            
4.6   Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf.

PKKn
4.4     Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.

SPDB
4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu.

C.      INDIKATOR
BAHASA INDONESIA
1.       Membaca teks lagu yang dipelajari dengan lancar
2.       Menyajikan informasi dalam bentuk tabel.
3.       Menceritakan hasil pengamatan dengan lancar.
4.        Menuliskan kembali teks lagu yang dipelajari dengan benar.

MATEMATIKA
1.       Menuliskan hasil wawancara dalam bentuk diagram/grafik gambar.

 PKKN
1.    Menjelaskan perbedaan antara dua karakteristik individu secara lisan.

SBDB
1.    Menyanyikan lagu Cing Gemerincing dengan lancar dan percaya diri sesuai irama.


D.      TUJUAN  PEMBELAJARAN
1.    Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyanyikan  lagu “hujan rintik-rintik’ dengan lancar dan percaya diri.
2.    Dengan melakukan wawancara kepada teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data hasil wawancara dengan benar.
3.    Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara sedang, dan suara lembut dengan tepat.
4.    Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara sedang, dan suara lembut.

E.       MATERI

mengenal makanan sehat (mmBAHASA INDONESIA :  S
SYAssssss
SSSSSSLsSSSSmeme  melengkapi nyair lagu ” hujan Rintik-rintik”  Cip AT Mahmud yang belum lengkap dengan kata yang tepat.

MATEMATIKA
 Bentuk diagram/grafik gambar

PKKN
Menghargai Karakteristik individu yang saling berbeda.

SBDB
 LsSSSSSSLLagu kesukaan anak-anak- misalnya Lagu ” Hujan Rintik-rintik” Cip AT Mahmud, sambil  bertepuk tangan sesuai irama lagu
       


F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Survai
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Demonstrasi


G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.       Mengajak semua siswa  untuk berdoa mengawali kegiatan pembelajaraan.
2.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
3.       Mengajak berdinamika dengan bernyanyi bersama  naik delman Cip. AT .Mahmud.
4.       Meminta informasi dari beberapa siswa tentang manfaat menyanyi .
5.       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang   lagu- lagu yang menjadi kesukaan anak..
6.       Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
Gemar Bernyanyi dan menari
7.         Menginformasikan Tujuan Pembelajaran:
 menyanyikan lagu hujan rintik-rintik
myusun grafik gambar
melengkapi nyair lagu hujan rintik-rintik

7 menit
Inti
1.       Siswa memberikan tanggapan terhadap tayangan gambar / vidio suasana hujan.
2.       SIswa Menjawab pertanyaan guru  tentang hujan dan sispa di antara mereka yang suka bernyanyi
3.        Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal yang lain.
4.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.
5.       Siswa menyanyikan lagu hujan rintik-rintik” bersama-sama dengan bimbingan guru.
6.        Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian
secara berpasangan di depan kelas.
7.       Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang lagu kesukaan teman-temannya.
8.       Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana mela kukan survey, dengan bertanya lagu kesukaan  teman sekelompoknya.
9.       Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu
yang lain dengan menempel gambar orang senyum tanda senang/suka.
10.   Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(pada lembar kerja “ Grafi k gambar” siswa masing-masing) siswa yang memilih suatu lagu kesukaan.
11.   Guru berkeliling untuk mengamati interaksi siswa dalam mengerjakan tugas survai pada lembar kerja siswa
12.   Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati
hasil pekerjaannya.
13.   Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?” dengan menghitung jumlah gambar senyum, “Buat urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikit disukai siswa!”
14.   Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar.
Ket: grafik lagu yang paling banyak disukai lebih tnggi. Berurutan agak disukai sampai paling sedikit disukai grafiknya lebih rendah.
15.  Memajangkan grafik gambar.
16.  Kesukaan individu berbeda sesuai karakteristik masing-masing.
Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing.
Kita harus menghargai perbedaan tersebut.
17.   Selanjutnya siswa diminta untuk melengkapi tulisan / syair lagu yang belum lengkap dengan kartu kata yang sesuai /tepat dengan Siswa diminta menempelkan kartu kata pada pada tabel  nyair lagu hujan rintik-rintik yang dipajang dipapan flanel.
18.   Siswa diminta menceritakan/mempresentasikan  hasilnya kepada teman dan guru.
21 menit
Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Menanyikan lagu
Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing.
Kita harus menghargai perbedaan tersebut.
7 menit
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Melakukan penilaian hasil belajar


H.                 SUMBER  DAN  MEDIA
·         Teks dan not lagu hujan rintik-rintik.
·         Karton
·         Tabel Grafik gambar
·         Kartu kata
·         Buku Tematik Kelas I
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Teks lagu yang ditulis pada kertas karton atau pada papan tulis, alat musik tradisional setempat.
·         Video/papan flanel.
I.          PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                                                       Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                                              




....................................................                                                           ...............................................                                                
NIP .............................................                                                            NIP  ........................................















LEMBAR KERJA SISWA I
Tabel Hasil Survei Kesukaan
Isilah tabel “Grafik Gambar” di bawah ini dengan “gambar  senyum”  yang menunjukan rasaa  senang di bawah ini!
Jumlah Siswa/
1.

2.

3.

4.

5.

Dst....
1.

2.

3.

4.

5.


1.

2.

3.

4.

5.


1.

2.

3.

4.

5.


Nama Lagu
Naik Delman
Huan Rintik -rintik
Motor Kuna
Mentok -menthok

Kesimpulan :
1.       Berurutan tinggi rendah grafik sesuai banyaknya orang yang suka. Semakin banyak yang suka grafi semakin tinngi, smakin sedikit yang suka semaakin randah.
2.       Setiap orang memiliki kegemaran masing-masing.
Kita harus sikap menghargai perbedaan tersebut
Lembar Kerja II
Ayo belajar menulis kalimat
Lengkapi syair lagu hujan rintik-rintik yang tertulis belum lengkap di bawah ini!
no
Kata
1.
hujan rintik-rintik,  ... rintik-rintik
2.
di  halaman di  ... hujan rintik –rintik
3.
seperti ...
4.
yang tumbuh ...
5.
disirami .... rintik-rintik

Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Menyanyikan Lagu dan Membuat Tabel Piktograf.
NO
Kriteria
Terlihat  (v)
Tidak Terlihat (v)
1.
Siswa mampu menyanyikan lagu “hujan rintik-rintik”


2.
Siswa mampu menampilkan informasi dalam tabel  /grafik gambar/
piktograf.


3.
Siswa mampu melengkapi tulisan.







Share this article :

0 komentar:

Ungkapkan Saran Anda

Tell us what you're thinking... !

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
MUAS, S.Ag

DEWAN GURU
















-

Terpopuler

Komentar Terbaru


counter

Pengikut

Total Tayangan Halaman

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SDN PAJARAKAN - PETIR - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Rucelee Alcantara Balagadona